Hi quest ,  Selamat datang  |  Buat Blog  |  My facebook  |  Cuti online KKG

Pencarian

Pilah-pilih sekolah anak

Written By dti on Kamis, 17 Mei 2012 | 16.30

Tidak lama lagi dunia pendidikan akan memasuki tahun ajaran baru,  ini artinya anda sebagai orang tua harus memikirkan dan mencari sekolah bagi putra dan putri kesayangan anda. Kapan sebaiknya mulai mencari sekolah untuk anak? Apa pula yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah untuk anak? Pastinya anda tidak mau salah pilih sekolah untuk sang buah hati anda. Pada rubrik ini akan kami paparkan beberapa tips dan trik dalam memilih sekolah. ada dua faktor terpenting yang harus diperhatikan orangtua dalam memilih sekolah bagi anaknya, yaitu kemampuan finansial orangtua dan kebutuhan anak.

 Masa kanak-kanak adalah masa bermain.
Lantas, sejauh mana sih kebutuhan seorang anak masuk Play Group / Kelompok Bermain (KB)? Anak sebenarnya belum "wajib" bersekolah hingga usia 3 tahun. Alasannya, stimulasi yang dibutuhkan anak di masa usia ini sebenarnya masih dapat dipenuhi di rumah. Namun, tidak setiap lingkungan rumah dapat memenuhi kebutuhan anak, dan belum tentu tahu kebutuhan anak secara tepat, apalagi jika kedua orangtua bekerja dan anak di rumah hanya bersama babysitter atau pembantu. Yang perlu di ingat, Play Group / TK adalah lingkungan belajar perdana dan formal bagi anak,  jadi pandangan anak tentang sekolah mulai terbentuk dari Play Group atau TK ini. Apakah kegiatan sekolah itu menyenangkan bagi seorang anak, bisa ditentukan dari pengalaman pertamanya ini. Oleh karena itu pilih sekolah dimana anak merasa senang dan menikmati aktivitas belajarnya.

Masa SMP & SMA
Seiring bertambahnya usia anak, minat atau kesukaan pada sebuah sekolah juga menentukan. Bagi anak-anak yang hendak melanjutkan ke SMP dan SMU, sebaiknya pilihan sekolah mana saja yang akan dituju, dibahas bersama anak. Di usia ini anak sudah bisa diajak berdiskusi tentang pilihan sekolah, jauh-jauh hari sebelum ujian masuk. Anak juga sedini mungkin sudah harus mulai diajak berdiskusi tentang sekolah pilihannya. Untuk pilihan sekolah, biasanya mulai pada saat mau masuk SMP, kemudian ketika mau masuk SMA. Tidak tertutup kemungkinan anak juga sudah punya pilihan ketika mau masuk SD, Tapi di usia ini memang orang tua yang lebih dominan menentukan. Di usia SMP dan SMA, anak masih dalam masa remaja dimana mereka juga sedang membentuk jati diri. Nah, keleluasaan menentukan pilihan secara mandiri, termasuk pilihan sekolah, akan sangat menunjang proses ini. 

SEKOLAH UNGGULAN
Bagaimana dengan sekolah unggulan atau favorit? Kebanyakan orangtua memang menginginkan anak-anak mereka masuk sekolah favorit, dengan beragam alasan. Bahkan, meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sekalipun. Padahal, belum tentu sekolah favorit cocok bagi anak. Lalu, apa, sih, sisi positif dan negatif sekolah unggulan/favorit? Semuanya didasarkan pada kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. Sekolah favorit bisa menjadi negatif jika memang tidak sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan minat anak. Setiap sekolah unggulan biasanya memiliki standar tertentu (bukan hanya sebagai kriteria masuk, tapi juga standar dalam proses belajar seterusnya selama di sekolah itu).

Garis Besarnya...
  • Mencari sekolah harus realistis, sesuaikan dengan kemampuan anak, baik akademis maupun sosialisasi. Hindari terlalu memaksakan kehendak pribadi orang tua, sehingga malah membuat anak merasa tersiksa di sekolah.
  • Jangan memilih sekolah yang akan membebani kondisi finansial anda dan keluarga, karena ketika anda tidak sanggup untuk membayar biaya sekolah maka hal ini akan menentukan kelanjutan nasib pendidikan anak anda di sekolahan tersebut.

Atau bisa juga faktor – faktor dibawah ini yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda, diantaranya :
1.    Lokasi
pilih lokasi sekolah yang mudah dijangkau termasuk transportasinya.
2.    Biaya
sesuaikan biaya sekolah dengan kemampuan finansial anda dan keluarga.
3.    Kurikulum & Metode pengajaran
Pilih sekolah yang memiliki kurikulum & metode pembelajaran yang up to date.
4.    Fasilitas Penunjang
Ada baiknya anda juga memperhatikan fasilitas – fasilitas yang dimiliki sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.
5.    Aman & nyaman
Hal ini tidak kalah pentingnya untuk di pertimbangkan, karena belakangan ini marak terjadi penculikan terhadap anak – anak. Serta rasa aman dan nyaman dalam lingkungan sekolah membuat anak lebih mudah menyerap pelajaran.


0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar, kritik dan saran terkait artikel yang ditayangkan di atas.