Hi quest ,  Selamat datang  |  Buat Blog  |  My facebook  |  Cuti online KKG

Pencarian

Siapa itu ICANN?

Written By dti on Minggu, 17 Juni 2012 | 22.26

Dia adalah Organisasi dunia berbasis di pinggir pantai kota Los Angeles, Amerika, yang menangani nama domain atau dikenal dengan “Internet Corporation for Assigned Names and Numbers” (ICANN) telah menerbitkan daftar perusahaan yang ingin memiliki generik Top-Level Domain (gTLD) yang sesuai dengan pilihan mereka.  Nama domain ekstensi baru seperti .app, .cloud, .shop boleh dipakai di situs website yang sama fungsinya dengan .com, .net, atau .org
Menurut ICANN, organisasi ini menerima 1.930 aplikasi lamaran untuk gTLD baru.  Pelamar yang berbasis di Amerika menempati posisi terbanyak dengan jumlah 911 lamaran.  Pelamar yang berbasis di Eropa berada di peringkat kedua dengan 675 lamaran. Sedangkan dari benua Asia mencapai 303 pelamar dan menempati posisi ke-tiga.  Pendaftaran dibuka pada tanggal 12 Januari 2012 dan sudah berakhir pada tanggal 30 Mei, 2012.  Setiap aplikasi lamaran dikenakan biaya sebesar $187.000.  Setelah mengungkapkan daftar pelamar hari ini, ICANN akan menghabiskan waktu beberapa bulan kedepan untuk membandingkan aplikasi-aplikasi yang ada di tangan supaya tidak terjadi bentrokan diantara pelamar karena ada beberapa perusahaan ternyata mendaftarkan ekstensi yang sama.  Misalnya .cloud (awan) sudah dipesan oleh 7 perusahaan termasuk Amazon, Google, dan Symantec.  Setelah melalui proses dengar pendapat dari umum, organisasi ini berjanji akan memutuskan perusahaan mana yang berhak mendapatkan pilihan mereka untuk boleh memakai gTLD baru.
Beberapa perusahaan teknologi di peringkat atas juga mengajukan permohonan untuk memiliki generik Top-Level Domain (gTLD).  Microsoft mengajukan 11 nama seperti .azure (untuk jaringan awan), .bing (mesin pencari), .live (portal) dan .xbox (game).  Google menghabiskan biaya sebesar $18.6 juta untuk melamar 101 macam nama ekstensi baru termasuk .android (untuk telepon pintar), .app (aplikasi untuk mobile), .blog (untuk menerbitkan konten di Internet), .cloud (untuk jaringan awan) dan lain-lainnya.   Google juga tertarik dengan ektensi gelar di perguruan tinggi termasuk .mba (sekolah bisnis) and .phd (profesor).  Raja ecommerce Amazon.com melamar lebih dari 60 ekstensi, termasuk .app, .cloud, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar, kritik dan saran terkait artikel yang ditayangkan di atas.