Hi quest ,  Selamat datang  |  Buat Blog  |  My facebook  |  Cuti online KKG

Pencarian

Kilas Gunung Salak

Written By dti on Minggu, 13 Mei 2012 | 14.07

Gunung Salak - Bogor
Kilas Gunung Salak - Gunung Salak merupakan salah satu gunung yang menghiasi dan memiliki nilai sejarah tinggi di tanah Jawa. Gunung berapi yang keberadaannya masih menjadi sebuah misteri. Karena secara administratif, Gunung Salak masuk dalam dua wilayah yaitu Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengelolaan kawasan hutan gunung salak semula berada dalam naungan Perum Perhutani KPH Bogor, namun sejak tahun 2003 diambil alih menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun, kini bernama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.
Gunung Salak memiliki struktur gunung yang rendah dengan karakteristik dan keunikan tersendiri, baik dari medannya maupun dari karakteristik hutannya. Letak astronomis Puncak Gunung Salak terdapat pada 6°43' LS dan 106°44' BT. Gunung ini mempunyai 3 puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. Salain itu mempunyai satu puncak lagi bernama puncak Sumbul  dengan ketinggian 1.926 m dpl. Tinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Dan puncak gunung salak yang satu lagi bernama Puncak Sumbul dengan kisaran ketinggian 1.926 m dpl. Eksplorasi di Gunung Salak dapat dilalui dari beberapa jalur pendakian. Di antara yang lebih sering dipilih adalah melalui curug Nangka, selain jalur tersebut. jalur yang bisa ditempuh adalah melalui rute Cidahu Sukabumi atau Kawah Ratu.

Gunung Salak lebih dipilih sebagai tempat untuk pelatihan / pendidikan bagi anggota baru kumpulan para pencinta alam terutama dari kalangan mahasiswa atau yang biasa disebut Mapala. Gunung Salak memiliki karakteristik medan hutan yang cocok sebagai sarana belajar bagi pencinta alam dalam kategori pemula, dengan tingkat kesulitan yang sedang. Selain keindahan alam pegunungan, melalui jalur Kawah Ratu juga bisa kita temui keindahan kawah dan sungai belerang. Anda tertarik serta penasaran dengan Gunung Salak...?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice info gan.....kunjungan balik

Posting Komentar

Pembaca dapat mengirimkan komentar, kritik dan saran terkait artikel yang ditayangkan di atas.